PENERIMAAN AUDENSI KEMENPAN RB TERHADAP RENCANA PENYELENGGARAAN MALL PELAYANAN PUBLIK
PENERIMAAN AUDENSI KEMENPAN RB TERHADAP RENCANA PENYELENGGARAAN MALL PELAYANAN PUBLIK
Bahwa pada 14 Februari 2019, bertempat di Ruang
Jatijajar Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen telah dilaksanakan
Penerimaan Audensi KEMENPAN DAN RB terhadap rencana penyelenggaraan Mall
Pelayanan Publik.
1. Asisten
Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah
III Damayani Tyastianti.
2.
Sekretaris
Daerah Kabupaten Kebumen
3.
Asisten
Administrasi Sekda Kab. Kebumen;
4.
Inspektur
Kabupaten Kebumen Bapak Drs Mahmud Fauzi M.Si, dan Para Kepala Peranggkat
Daerah Kabupaten Kebumen
5.
Hadir juga
Kepala Instansi Vertikal seperti Polres Kebumen, BPJS dan Kemenag
Adapun Peserta Audensi ini oleh Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Para Kepala Instansi Vertikal sebanyak 30 (empat puluh) peserta.
Narasumber Bintek adalah :
Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan
Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III Damayani Tyastianti.
Dan Bapak Sekretaris Daerah memimpin Audensi ini
Bapak Sekretaris Daerah H Ahmad Ujang Sugiono, menyampaikan saat ini pihaknya melakukan
berbagai tahapan untuk mewujudkan MPP. Mulai dari koordinasi pelayanan,
pengaturan mekanisme kerja, penyiapan sarana prasarana dan penguatan SDM
pelayanan.
"Paling telat Desember kita launching. Kita tidak
mau terlalu cepat karena kita tidak ingin setelah dilauching kemudian muncul
masalah karena belum matang. Jadi kita harus fix dulu," ujar Ujang Sugiono.
Damayani Tyastianti, mengatakan hadirnya MPP merupakan
kebutuhan untuk menjawab kemudahan pelayanan kepada masyarakat. "Dengan
adanya MPP pelayanan akan semakin baik, bukan hanya mudah tetapi kualitasnya
juga harus bagus," tegas Damayani.
Ia berharap di MPP Kebumen ada layanan yang mendukung
kemudahan mendirikan usaha. Sehingga nantinya investor yang minat membuka usaha
di Kebumen akan mudah mengurus perizinannya.
"Syarat ijin apa saja yang dibutuhkan ketika
ingin membuka usaha di Kebumen, bisa terpenuhi ketika datang ke Mal (MPP)
ini," kata dia.
Selain itu, pihaknya juga berharap di MPP Kebumen ada
layanan imigrasi. Hal ini untuk memudahkan masyarakat Kebumen dan sekitarnya
mudah dalam mengurus paspor maupun layanan imigrasi lainnya.
"Apalagi minat masyarakat Kebumen untuk haji dan
umroh cukup tinggi, termasuk jumlah pekerja migran asal Kebumen juga
banyak," imbuhnya.
Jika MPP Kebumen bisa terwujud tahun ini, maka akan menjadi
MPP kedua di Jawa Tengah setelah Banyumas. "Untuk Jawa Tengah ada dua
kabupaten yang mengajukan MPP, Kebumen dan Batang. Nanti mana dulu yang lebih
duluan," kata Damayani.
Adapun Tujuan dari Rencana Mall Pelayanan Publik di
Kebumen antara lain :
1.
Menghemat
Waktu dan mempercepat proses pelayanan
2.
Mempermudah
Prosedur Pelayanan
3.
Memberikan
keterbukaan akses pelayanan
4.
Meminimalkan
Pelayanan secara tatap muka, sehingga pemohon hanya sekali datang ke Mall
Pelayanan Publik
5.
Membrantas
Pungutan tidak resmi dalam pelayanan, sehingga pemohon terhindar dari percaloan
Tahapan dalam mewujudakan Mall Pelayanan Publik ada 5
tahap yaitu :
1.
Koordinasi
Pelayanan
2.
Pengaturan
Mekanisme Kerja
3.
Penyiapan
Sarana dan Prasarana
4.
Penguatan
SDM Pelayanan dan
5.
Peresmian
Usai menggelar rapat Sekda Ahmad Ujang Sugiono
dan Damayani Tyastianti bersama rombongan meninjau langsung Gedung Juang di
Jalan Indrakila Kebumen. Rencanana tempat ini yang menjadi lokasi MPP Kebumen.